Saturday, December 6, 2008

Ngga boleh pake 'Haduh'....


Senin minggu lalu, di lapangan tenis, saya latihan serve dipandu pak pelatih. Mungkin memang ngga berjiwa atlet (hehee..) walaupun sudah 3 tahunan ikut latihan, teteeup aja ngga ada kemajuan. Buat forehand sih lumayan lah, tapi backhand dan service...alamaaak...susah kaliii...

Sudah berbola-bola saya pukul tapi perbandingan bola in & out 1:20, hahaaa.. Dan setiap kali mukul, selalu keceplos, 'haduuh...out...haduuh..salah..'.
Tiba-tiba, pak pelatih nyeletuk, "Hayoo...ngga boleh pake 'haduh', pasti nanti masuk..."
And what a miracle, everytime he said that, the ball was in...

hmm... :) lucu juga... komentar ringannya justru sangat bermakna...

Tanpa sadar, dalam 1 hari tak terhitung berapa kali kita melontarkan kata 'duh' dengan beragam versinya, 'duh, haduh, waduh, hadoooh, uuuuh, waaa waaaa waaaaaaaaa' (yang terakhir itu apa ya??? hehe...).
Entah itu sekedar ekspresi, emosi sesaat atau memang kita betul-betul sedang kesal... bisa jadi kata itu sudah masuk ke alam bawah sadar kita dan bercokol selamanya di sana.
Sepertinya kita tak pernah berhenti mengeluh. Dalam situasi apapun, kita selalu mengeluh.
Susah sedikit, haduuh.... ribet sedikit, haduuh... sedih sedikit, haduuh... Rasanya hidup selalu penuh dengan beban. Kita sering lupa, setiap individu memanggul beban dengan takarannya masing-masing. Ngga lebih, ngga kurang. Yang di Atas itu Maha adil, Hakim Agung sejati. Mungkin juga kita kurang bersyukur, atas apa yang telah terjadi, yang kita miliki.

Nasehat pak pelatih, sejak hari itu, selalu melintas di benak, setiap kali saya lunglai, putus asa, mulai mengeluh lagi, eh...... terngiang, "hayoo, ngga boleh pake 'haduh'..." :) :) Saya jadi tersenyum.

Memang, hidup perlu ada beban,harus ada beban, kalo ngga ada, kita ngga belajar bertanggung jawab... tapi rasanya akan lebih ringan dan lebih indah, bila syukur padaNya tak pernah lupa diungkapkan.


("Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu")


No comments: